Home Nasional Jawa barat Majalengka Keislaman Aswaja Khutbah Opini Sejarah BIOGRAFI MWC NU BANOM LEMBAGA PC NU Pendidikan PONPEST Serba - serbi DOwnload

LBM MWC NU Kecamatan Leuwimunding gerak cepat atasi masalah Waqiah

LBM MWC NU Kecamatan Leuwimunding gerak cepat atasi masalah Waqiah
masalah waqi'iah yang sedang terjadi di masyarakat, sehingga beliau memohon kepada musyawirin agar menjawab permasalahan tersebut berbasis solusi, beliau juga mengucapkan banyak terima kasih.
masalah waqi'iah yang sedang terjadi di masyarakat, sehingga beliau memohon kepada musyawirin agar menjawab permasalahan tersebut berbasis solusi, beliau juga mengucapkan banyak terima kasih.

Pengurus LBM MWC NU Leuwimunding bekerjasama dengan Pengurus Ranting NU desa Leuwimunding.

 

Kegiatan Bahtsul Masa'il tingkat Kecamatan Leuwimunding :

Peserta :

1. Pengurus LBM MWC NU Leuwimunding

2. Pengurus Ranting Se Kecamatan Leuwimunding

3. Pengurus PAC GP Ansor Kecamatan Leuwimunding

4. Pengurus LBM MWC NU Palasah 

4. Delegasi PP Raudlatul Mubtadiin Rimbo

5. Delegasi PP Kebon Jambu Babakan Ciwaringin Cirebon

6. Delegasi PP KHAS Kempek Cirebon

7. Delegasi PP Daarut Tauhid Arjawinangun Cirebon

8. Sohibul Masalah ketua RW 006 Desa Leuwimunding

9. Mahasiswa KKN 2025 Universitas Kuningan

 

Dilaksanakan pada hari Minggu tanggal 27 Juli 2025 Pukul 21.00 sampai dengan 23.30, Tempat Musholla Miftahul Huda /Sekretariat Pengurus Anak Ranting Blok SelasaDusun Baru Blok Selasa RT 004 RW 003 Desa/Kec. Leuwimunding Kab. Majalengka.

 

Dalam sambutanya sebagai sohibul bait ketua ranting Nahdlatul Ulama Desa Leuwimunding Muhamad Iqbal, SE menyatakan soal yang akan di bahas adalah masalah waqi'iah yang sedang terjadi di masyarakat, sehingga beliau memohon kepada musyawirin agar menjawab permasalahan tersebut berbasis solusi, beliau juga mengucapkan banyak terima kasih kepada tamu undangan dan semua pihak yang terlibat terutama kepada Rois Syuriah MWC NU Leuwimunding KH Maman Fathurrahman yang berkenan hadir sebagai Mushohih, jajaran pengurus LBM MWC, PRNU Leuwimunding terutama kepada Pengurus Musholla Miftahul Huda yang telah berkenan ditempati untuk acara bahtsul masa'il.

 

Tidak lupa kepada Banser Kasatkoryon Leuwimunding yang telah membantu mengarahkan tamu undangan dan menjaga areal parkir dan keamanan, tidak lupa beliau mendoakan untuk kesehatan K. Abdurrohim selaku sesepuh Musholla yang sedang kurang sehat.

 

Dalam akhir sambutan nya beliau yang juga sebagai Divisi Humas LBM MWC NU Leuwimunding berharap semoga Ranting NU desa Leuwimunding tetap istiqomah dan kompak dengan MWC NU Leuwimunding, dan hasil dari bahtsul masail ini dapat perhatian khusus dari MWC NU Leuwimunding.

 

Untuk di diskusikan dengan PCNU Majalengka terutama Lembaga Wakaf NU dan Lembaga Bantuan Hukum NU tingakt PCNU Kab. Majalengka sehingga permasalahan yang terjadi tidak terulang kembali di lain tempat.

 

*Soal 1*

Permasalahan dari Ranting NU Desa Leuwimunding (Masalah Wakaf)
Berawal dari seseorang kita sebut A, memiliki sebidang tanah, beliau mewakafkan (secara lisan) sebagian tanahnya dipinggir rumahnya untuk musholla. Ketika A wafat, rumah peninggalan A dihuni oleh ahli warisnya B kemudian karena suatu hal B menjual tanah (Rumah) itu kepada C.
Bertahun kemudian, suatu saat, warga berkeinginan mengurus legalitas tanah wakaf musholla itu. Beberapa prosedur ditempuh termasuk diantaranya mengisi berkas pernyataan wakif. Warga berinisiatif yang akan menandatangani berkas ini adalah B sebagai ahli waris dan C sebagai pemilik baru dari bagian tanah itu. Namun ternyata C menolak menandatangani berkas itu.

 

Menurut C, hanya ia saja yang berhak menandatangani berkas itu, sebab tanah musholla itu adalah miliknya yang ia beli beserta rumah dari B.

 

Menurut pengakuan B, jual beli itu hanya rumah dan halaman, tidak dengan musholla, sebab musholla itu sudah diwakafkan orang tuannya.

 

Sedangkan menurut C, yang ia beli adalah berikut sebidang tanah (yang diatasnya berdiri rumah dan musholla)


Pertanyaan :

a. Bagaimana hukum jual beli tanah pada kasus diatas ?

b. Siapakah yang berhak mewakafkan (mengisi berkas wakif) Musholla tersebut?


Jawaban :

a. Hukum jual belinya sah untuk tanah yang dimiliki oleh ahli waris (Mamluk) dan batal untuk tanah Musholla yang telah di wakafkan (Mauquf)

 

Keterangan :

1. Madzahibul Arba'ah Juz 2 Hal 215

 

بيع الوقف لأن الوقف لا يقبل التمليك والتملك، ‌فبيعه ‌باطل ‌لا فاسد على المعتمد. وإذا ضم إلى الوقف ملك كأن كان لديه بستان نصفه مملوك ونصفه موقوف صح بيع النصف المملوك وبطل بيع الموقوف

2. Ianatut Tholibin hal 44 – 46

 

فصل في اختلاف ‌المتعاقدين (ولو اختلف متعاقدان) - ولو وكيلين، أو وارثين - (في صفة عقد) معاوضة كبيع، وسلم، وقراض، وإجارة، وصداق، (و) الحال أنه قد (صح) العقد باتفاقهما، أو يمين البائع: (كقدر عوض) من نحو مبيع، أو ثمن، أو جنسه، أو صفته، أو أجل، أو قدره، (ولا بينة لاحدهما) بما ادعاه، أو كان لكل منهما بين

 

3. Fathul Wahab

 

ْلٌ: فِي تَفْرِيقِ الصَّفْقَةِ وَتَعَدُّدِهَا.
وَتَفْرِيقُهَا ثَلَاثَةُ أَقْسَامٍ لِأَنَّهُ إمَّا فِي الِابْتِدَاءِ أَوْ فِي الدَّوَامِ أَوْ فِي اخْتِلَافِ الْأَحْكَامِ وَقَدْ بَيَّنْتُهَا بِهَذَا التَّرْتِيبِ فَقُلْت لَوْ (بَاعَ) فِي صَفْقَةٍ واحدة (حلا وحرما) كخل وخمر أَوْ عَبْدِهِ وَعَبْدِ غَيْرِهِ أَوْ مُشْتَرَكٍ بِغَيْرِ إذْنِ الْغَيْرِ وَالشَّرِيكِ (صَحَّ) الْبَيْعُ (فِي الْحِلِّ) مِنْ الْخَلِّ وَعَبْدِهِ وَحِصَّتِهِ مِنْ الْمُشْتَرَكِ وَبَطَلَ في غيره إعطاء لكل منهما حكمه

 

4. Bughyatul Mustarsyidin

 

(مسألة: ي): تبايعا أرضاً ثم ادعى أحدهما عدم معرفة حدودها وأنكره الآخر صدق لأن الأصل صحة البيع، كما لو ادعى أحدهما عدم رؤية البيع وإن اتفقا على معرفتها، لكن ادعى المشتري أن المبيع أكثر مما حدد له البائع حلف كل يميناً تجمع نفي قول صاحبه وإثبات قوله، ثم يفسخ العقد أحدهما أو الحاكم، وإن نكل أحدهما عن اليمين كما ذكر قضى للآخر بما ادعاه.

 

Jawaban : 

 

b. Secara syar'i yang berhak mewakafkan atau mengisi berkas wakif musholla adalah B sebagai ahli waris, dan atau secara formal yang berhak mengisi berkas wakaf  adalah orang yang namanya tertera dalam berkas/dokumen surat tanah (leter c, akta jual beli, sertifikat)

 

Fathul wahab :

UU Perwakafan No. 41 Th 2004

وَ) شَرْطٌ (فِي الْمَوْقُوفِ كَوْنُهُ عَيْنًا مُعَيَّنَةً) وَلَوْ مَغْصُوبَةً أَوْ غَيْرَ مَرْئِيَّةٍ (مَمْلُوكَةً) لِلْوَاقِفِ)

 

*Soal 2*

Permasalahan dari NU Ranting Tanjungsari (Masalah Sholat). Ketika melaksanakan sholat berjama'ah, A Batal wudhu, masalahnya ia berada di barisan paling depan.

 

Pertanyaan :
Bagaimanakah sikap seharusnya yang dilakukan A, berdiam ditempat itu sampai selesai sholat, atau (bolehkah) keluar berwudhu dengan melewati barisan sholat ?

 

Jawaban :
Tidak boleh berjalan lewat didepan barisan orang yang sedang sholat, kecuali dhorurot seperti khawatir Buang Air besar/kecil atau batal wudhu ketika sholat jum'at.

 

Referensi :

1. Syarah Minhajul Qoyyum/Hasiah Madaniyah hal 303

 

يحرم ‌المرور حينئذ إلا إذا صلِّي في قارعة الطريق وإلا لفرجة في الصف المتقدم يحرم ‌المرور حينئذ إلا إذا صلِّي في قارعة الطريق وإلا لفرجة في الصف المتقدم

 

2. Fathul Wahab : 

 

وَحَرُمَ ‌مُرُورٌ " وَإِنْ لَمْ يَجِدْ الْمَارُّ سَبِيلًا آخَرَ لِخَبَرِ: "لَوْ يَعْلَمُ الْمَارُّ بَيْنَ يَدَيْ الْمُصَلِّي أَيْ إلَى السُّتْرَةِ مَاذَا عَلَيْهِ مِنْ الْإِثْمِ لَكَانَ أَنْ يَقِفَ أَرْبَعِينَ خَرِيفًا خَيْرًا لَهُ مِنْ أَنْ يَمُرَّ بَيْنَ يَدَيْهِ" رَوَاهُ الشَّيْخَانِ

 

3. Bughyatul Mustarsyidin


[فائدة]: يحرم المرور بين المصلي وسترته، وإن لم يجد طريقاً ولو لضرورة كما في الإمداد والإيعاب، لكن قال الأذرعي: ولا شك في حل المرور إذا لم يجد طريقاً سواء عند ضرورة خوف بول، ككل مصلحة ترجحت على مفسدة المرور، وقال الأئمة الثلاثة: يجوز إذا لم يجد طريقاً مطلقاً، واعتمده الأسنوي والعباب وغيرهما اهـ كردي، وبه يعلم جواز المرور لنحو الإمام عند ضيق الوقت أو إدراك جماعة اهـ باسودان.

 

Di akhir acara Ketua LBM MWC NU KH. Asep Saefurrohim, S.Ag yang juga sebagai KESRA di pemerintahan desa Leuwimunding menyampaikan terbukti bahwa bahtsul masail tetap konsisten dan relevan menjawab permasalahan masa kini, ini adalah tradisi ilmiah Nahdlatul Ulama yang harus kita jaga dan lestarikan, kami bersama jajaran pengurus LBM MWCNU berkomitmen untuk Bahtsul Masail di kecamatan untuk terus berjalan, bahkan agenda yang akan datang kami akan melakukan pengkaderan terhadap santri dan alumni di kecamatan Leuwimunding  untuk melahirkan generasi yang ilmiah dan beradab.