Home Nasional Jawa barat Majalengka Keislaman Aswaja Khutbah Opini Sejarah BIOGRAFI MWC NU BANOM LEMBAGA PC NU Pendidikan PONPEST Serba - serbi DOwnload

Ini Segudang Kegiatan MWC NU Jatiwangi, dalam Meriahkan Harlah NU

Ini Segudang Kegiatan MWC NU Jatiwangi, dalam Meriahkan Harlah NU
Situs Resmi PC NU Kabupaten Majalengka Provinsi Jawa Barat
Situs Resmi PC NU Kabupaten Majalengka Provinsi Jawa Barat

MAJALENGKA
Memperingati hari lahir Nahdlatul Ulama ke-95, Keluarga Besar Nahdlatul Ulama (KBNU) Kecamatan Jatiwangi, Kabupaten Majalengka, menggelar beragam acara dalam memeriahkannya.


Antara lain, pembacaan tawasul, tahlil kubro, peringatan Maulid Nabi Muhammad Saw bulanan, Ratib al Kubro, santunan kepada lansia dan anak yatim, serta peresmian tempat wudlu dan MCK di Gedung Center NU Jatiwangi.


Semua kegiatan ini dipusatkan di tanah wakaf Gedung Center NU Jatiwangi di Dusun Ciwalur, Desa Burujul Kulon Kec. Jatiwangi.


Hadir pada kesempatan tersebut, Deklarator Makom KBNU Jatiwangi, yang juga Ketua Umum MUI Kab. Majalengka, Drs. KH. Anwar Sulaeman. Ketua PCNU Kab. Majalengka, Drs. KH. Dedi Mulyadi, MM, Ketua NU Care-LazisNU Kab Majalengka KH. M Zaenal Muhyidin, S.Ag, MM.

 

Kemudian, KH. Otong Hasubi Herman, S.IP, KH. E Jamuri. Lalu, Ketua DKM Alhurriah, H. Ujang Suhanda, SH, Koordinator Penyuluh PAI non PNS Jatiwangi, Aef Jaenudin. Kemudian, pengurus PAC Muslimat, Fatayat, GP Ansor-Banser, Jatman, Pergunu, UPZISNU, IPNU-IPPNU, serta ratusan warga NU se Kecamatan Jatiwangi.


Ketua MUI Kabupaten Majalengka KH Anwar mengatakan, rasa bangga dan apresiasinya atas bergeliatnya kegiatan ke-NU-an di Jatiwangi yang diinisiasi oMakom KBNU.


Menurut dia, makom KBNU lahir sebagai respon dan solusi ketika NU secara struktural tidak ada, tidak aktif/mandeg. Sementara itu seyognya NU sebagai Jam'iyyah (organisasi) maupun jama'ah (komunitas) harus tetap eksis ditengah-tengah masyarakat.


Ketua Makom KBNU Jatiwangi, HM. Zaenal Muhyidin menjelaskan, bahwa kegiatan ke-NU-an dibentuk pada Juli 2020 dan hingga kini terus dinamis.


Kegiatan di NU Jatiwangi seperti Lailatul Ijtima tiap malam sabtu. Pengajian bulanan setiap Ahad ke-4, Safari Maulid Nabi Muhammad Saw ke desa-desa. Ziarah tokoh Jatiwangi dan ziarah wali dan persiapan pembangunan Gedung Center NU Jatiwangi.


Kang Zaenal biasa disapa menjelaskan, semua program itu dilakukan sebagai bentuk perhatian, kepedulian, dan tanggung jawab sebagai warga, akan kehadiran NU di tengah-tengah masyarakat.


Apalagi tugas NU, lanjut dia, menjaga, memelihara dan menyebarluaskan ajaran Islam Ahlussunnah Waljama'ah di tengah-tengah masyarakat.


Ketua PCNU, Drs. KH. Dedi Mulyadi mengatakan, atasnama pribadi dan PCNU, menyambut baik kegiatan ini. Menurut dia, Kang Haji Zaenal, baik sebagai pengasuh pesantren Al-Mizan maupun selaku Ketua NU Care-LazisNU kab. Majalengka, orangnya dinamis, organisatoris, dan ulet.

 

Hal itu terlihat dari kegiatan Lazisnu selalu menarik, kreatif dan inovatif. Ada program bedah rumah, mushola, kiai kampung dan santunan.


"Jadi saya apresiasi dan ucapkan terima kasih apa yang sudah dilakukanya untuk NU, baik di cabang maupun di MWC NU Jatiwangi. Mudah-mudahan NU Jatiwangi ini menjadi pionir di daerah lain yang MWC NU nya tidak aktif atau mandeg,"tuturnya.


Kegiatan diakhiri dengan potong tumpeng sebagai bentuk syukur atas usia NU ke-95, santunan kepada 10 lansia dan 5 yatim serta peresmian tempat wudlu & MCK. (Red LTN NU).