Home Nasional Jawa barat Majalengka Keislaman Aswaja Khutbah Opini Sejarah BIOGRAFI MWC NU BANOM LEMBAGA PC NU Pendidikan PONPEST Serba - serbi DOwnload

PerguNU dan Muskercab PC NU Majalengka 2021

PerguNU dan Muskercab PC NU Majalengka 2021
Pentingnya memunculkan simbol simbol-simbol NU Majalengka
Pentingnya memunculkan simbol simbol-simbol NU Majalengka

Oleh : Endin Muhtadin (Pengurus Pergunu PCNU Majalengka)

 

Muskercab PC NU Majalengka berfungsi untuk merumuskan program kerja kepengurusan dan seluruh program kegiatan badan-badan otonom kedepan, disamping evaluasi kegiatan yang sudah dilaksanakan sebelumnya, dan merupakan amanat organisasi yang wajib dilaksanakan sebagaimana tertuang di dalam AD/ART NU serta peraturan terkait lainnya.

 

Dalam teknis perhelatan muskercab PC NU Majalengka, 9 Januari 2021 yang diadakan di PC NU Kabupaten Majalengka tersebut, terbagi dalam tiga komisi.

 

1. Membahas keorganisasian
2. Membahas tentang rekomendasi.
3. Bahtsul Masail yang membahas tentang permasalahan aktual dari sudut pandang NU.

 

Banom-Banom NU yang termasuk di dalamnya perguNU ikut dalam pembahasan Komisi 2. PerguNU sebagai corong dalam dunia pendidikan menyumbangkan dan mengajukan ide dan gagasan.

 

Salah satu ide yang di lontarkan oleh perguNU dalam Muskercab itu di terima dalam point hasil Muskercab adalah pentingnya memunculkan simbol-simbol ke-NU-an di semua kalangan masyarakat, untuk memunculkan dan memicu ruhul NU di tengah-tengah masyarakat majalengka yang berkultur NU tapi masih minder, belum tau jati diri NU, kurang memahami NU atau banyak yang belum merasa memiliki NU dengan berbagai alasan, sehingga masih rentan disusupi faham-faham radikal.

 

Dunia pendidikan yang notabene tempat penyempaian tunas-tunas generasi nahdliyin, simbol-simbol yang harus di munculkan tersebut bisa dalam bentuk-bentuk bersikap, bertutur juga berpakaian ala NU.

 

Sekolah yang berhaluan dan berafiliasi dengan NU jangan segan untuk memunculkan identitas NU. Misal dalam plang di tiap lembaga yang berafiliasi dengan NU di samping logo resmi lembaganya juga hrs di cantumkan logo yg bercirikan NU. Dalam setiap berpakaian semua guru minimal seminggu sekali memakai batik pergunu, setiap siswa memakai badge atau simbol IPNU/IPPNU.

 

Dalam kegiatan ekstrakurikuler wajib ada pramuka dan berlogo sako maarif dalam kegiatan olah raga beladiri wajib ada pagar nusa, juga dalam pembelajaran wajib memasukan materi-materi ke-NU-an, sehingga siswa-siswa generasi NU dari sedini mungkin mengenal dan menyerap faham Ahlusunah wal Jama'ah Annahdliyah ala NU.

 

Diharapkan akan melahirkan SDM NU yang religius dan nasionalis, yang mempunyai dasar keilmuan yang kuat dalam menghadapi faham yanh dianggap radikal. akan merngrong keutuhan bangsa dengan dalih agama dan sara di masa depan kelak.

 

PerguNU yang merupakan wadah para pendidik nahdlatul ulama yg mempunyai amanah dan bertanggung jawab sebagai ujung tombak untuk mencetak anak didik/siswa-siswa, generasi-generasi NU yang religius dan mempunyai kebangsaan yg kuat dlm bingkai NKRI.

 

Sudah seharusnya lebih berani memunculkan jati diri dan eksistensinya sebagai guru-guru yang berfaham ahlusunah waljamaah anahdliyah ala NU, dengan memberikan contoh sekaligus sebagai figur bagi semua anak didik dan Masyarakat sekitar. Misal dalam bertutur dan setip berpakain jangan sungkan untuk memperlihatkan jati dirinya sebagai guru NU.

 

Pasca muscercab pcNU majalengka 2021, pergunu di samping terus menggenjot penguatan organisasi di tiap PAC dan akar rumput, juga akan semakin gencar membangun relasi-relasibdan kerjasama dengan berbagai fihak untuk meningkatkan kompetensi tenaga kependidikan dan menunjang ihtiar peningkatan drajat pendidikan umat dan bangsa.

 

Langkah yang konkrit dan sedang berjalan termasuk program unggulan di antaranya terus membuka dan meningkatkan kerja sama beasiswa, untuk meningkatkan kualitas SDM NU dlm mendukung program PCNU majalengka yang akan membangun dan membuka lembaga pendidikan dan perguruan tinggi yg murni milik/aset NU. Sebagaimana kita ketahui di Majalengka belum ada yayasan atau lembaga pendidikan murni milik NU, yang ada hanya lembaga-lembaga pribadi milik masyarakat yang berafiliasi dengan NU.

 

Dalam waktu dekat ini PCNU Majalengka akan mewujudkan berdirinya lembaga pendidikan murni milik NU. Untuk itu PerguNU telah menyiapkan tenaga kependidikan yang murni hasil penggemblengan dari program-program beasiswa S1, S2, S3 kerjasama PerguNU dan lembaga-lembaga pendidikan ternama.

 

Dijamin menghasilkan tenaga pendidik yg accountable, profesional yang telah berkomitmen kuat untuk menjaga marwah ajaran ahlusunah wal jamaah anahdliyah ala NU, untuk keberkahan umat dan bangsa indonesia.