Home Nasional Jawa barat Majalengka Keislaman Aswaja Khutbah Opini Sejarah BIOGRAFI MWC NU BANOM LEMBAGA PC NU Pendidikan PONPEST Serba - serbi DOwnload

Luar Biasa, Dinkes Majalengka Sabet 4 Penghargaan Bergengsi

Luar Biasa, Dinkes Majalengka Sabet 4 Penghargaan Bergengsi
Situs Resmi NU Majalengka Provinsi Jawa Barat
Situs Resmi NU Majalengka Provinsi Jawa Barat

Motto Baru Dinkes Majalengka : Spirit, Commitment and Collaboration 

 

MAJALENGKA--Dinas Kesehatan Kabupaten Majalengka berhasil menyabet empat penghargaan bergengsi, berkat kinerja dan keberhasilannya dalam melayani masyarakat di bidang kesehatan. Anugerah itu diperoleh dari Kementerian Kesehatan RI, Pemerintah Provinsi Jawa Barat, perusahan media massa, maupun lembaga lainnya.

 

Adapun penghargaan yang pertama berasal dari MNC Portal Indonesia, yang mengganjar Dinkes Majalengka atas lahirnya aplikasi "Sikasep Membara". Akronim dari Aksi Keluarga Sehat Enyahkan Penyakit Menuju Masyarakat Bagja Raharja.

 

Sikasep Membara ini merupakan inovasi yang dilakukan dalam rangka mempercepat pelayanan kesehatan kepada masyarakat. Untuk mendeteksi dini penyakit yang diderita masyarakat. Program ini sendiri ditujukan untuk mendukung inovasi Dinas Kesehatan Kabupaten Majalengka yang bernama "Mekar Membara". Sekaligus mendukung pencapaian standar pelayanan di bidang kesehatan.

 

Kedua, dari Kementerian Kesehatan Republik Indonesia, atas peran sertanya dalam melakukan pembinaan bagi wanita yang di pabrik. Program ini bertajuk Gerakan Pekerja Prempuan Sehat Produktif (GP2SP) tahun 2022.

 

Ketiga, dari Gubernur Jawa Barat atas keberhasilannya, sebagai kabupaten dengan indikator pencapaian Indikator TBC SO terbaik di Provinsi Jawa Barat tahun 2022.

 

Keempat, masih dari Gubernur Jawa Barat berupa anugerah Pimpinan Saka Bakti Husada. Sebagai mitra potensial yang mendukung terhadap kesehatan di Provinsi Jabar dalam rangka mendukung Peringatan Hari Kesehatan Nasional tahun 2022.

 

"Alhamdulillah berkat ridha Allah Swt dan usaha yang maksimal, kami dari Dinkes Majalengka telah berhasil merengkuh 4 penghargaan bergengsi. Baik dari pemerintah maupun instansi terkait lainnya," ujar Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Majalengka H Agus Susanto saat ditemui di ruang kerjanya.

 

Menurut mantan Sekretaris Dinkes Majalengka ini, capaian keberhasilan ini tidak terlepas dari kerjasama semua pihak dalam mewujudkan Majalengka Raharja. Hal ini sejalan dengan visi-misi Pemkab Majalengka dibawah kepemimpinan Bupati Majalengka H Karna Sobahi dan Tarsono D Mardiana.

 

Buah dari semua itu, lanjut dia, dirinya mengaku bersyukur dinas yang dipimpinnya telah berhasil menggaet penghargaan dari MNC Portal Indonesia di bidang kesehatan melalui program Sikasep Membara. Lalu, Pengelolaan TBC terbaik se- Provinsi Jawa Barat dan Saka Bakti Husada sama dari Gubernur Jabar.

 

"Kalau berkaitan dengan anugerah Saka Bakti Husada (SBH) itu pramukanya di bidang kesehatan. Ini dikhususkan untuk pendidikan SLTA sederajat,"katanya.

 

"Dinkes Majalengka sendiri telah menjalin kemitraan dengan Kwarcab Pramuka, untuk melakukan pembinaan kesehatan bagi pelajar yang aktif di Pramuka, yang tersebar di 32 UPTD Puskesmas se Kabupaten Majalengka," tambahnya.

 

Bahkan dari program SBH ini, lanjut Agus, yang mewakili peserta lomba dari Provinsi Jawa Barat yaitu anggota Pramuka asal Majalengka. Ia akan berlaga dalam kejuaran yang sama di Sulawesi Selatan pada tingkat Nasional.

 

 

 

Selain itu pula, berkaitan dengan penghargaan GP2SP, Dinkes Majalengka itu menjadi pelopor dalam menyuarakan gerakan pekerja sehat produktif untuk para wanita. Pembinaannya sendiri dilakukan di pabrik-pabrik yang ada di Majalengka, seperti PT Showteen Ligung dan Kasokandel. Pabrik ini merupakan pabrik sepatu terkemuka di Indonesia yang bergerak di bidang ekspor dan impor.

 

"Dari hasil intervensi kami ke pabrik. Itu ternyata ada 80 persen pekerja prempuan yang perlu pembinaan. Untuk itu kami bergerak mewujudkan buruh wanita yang memiliki SDM sehat dan berkualitas. Sekaligus membantu dalam penurunan stunting di Majalengka," ujar Agus.

 

Motto Baru Dinkes

 

Menurut dia, pembinaan Dinkes Majalengka sendiri bukan hanya menyentuh program sarana dan prasarana. Namun pada pelayanan di seluruh puskesmas, rumah sakit negeri dan swasta, klinik, dan instansi terkait lainnya agar tetap sehat dan produktif.

 

"Melalui program Hari Kesehatan Nasional (HKN) tingkat Kabupaten Majalengka, kami akan menggelar apel yang langsung dipimpin Pak Bupati. Kegiatan ini akan diwarnai dengan pemberian penghargaan kepada para puskesmas dan RS berprestasi. Serta uang kadeudeuh bagi pemenang lomba olah raga dalam rangka HKN tahun 2022 ini,"papar mantan Kabag di RSUD Cideres Majalengka ini.

 

Terakhir, Agus menambahkan, dalam mengemban amanah memimpin Dinkes Majalengka, ia memegang teguh moto Dinkes Majalengka yakni Spirit Of Collaboration and Commitment. Ketiga ini harus menyatu dan tidak bisa dilaksanakan secara parsial.

 

"Semangat, kolaborasi dan komitmen ini harus berjalan seiringan. Jika salah satunya mandeg, apalagi keduanya tidak berjalan, maka program sudah dipastikan tidak berjalan sesuai yang diharapkan,"paparnya.

 

Menutup pernyataannya, Agus mengucapkan terima kasih atas pembinaan yang dilakukan Bupati Majalengka, Wabup dan Sekda Majalengka. Atas arahan dan masukan serta bimbingan agar pembangunan kesehatan di Majalengka lebih maju dan terarah. (sumber : H Jejep Falahul Alam wartawan HU Kabar Cirebon).