Home Nasional Jawa barat Majalengka Keislaman Aswaja Khutbah Opini Sejarah BIOGRAFI MWC NU BANOM LEMBAGA PC NU Pendidikan PONPEST Serba - serbi DOwnload

Pendidikan karakter dalam Kitab Ta'lim Muta'alim

Pendidikan karakter dalam Kitab Ta'lim Muta'alim
Kitab Ta’lim Muta’allim adalah sebuah kitab yang sangat populer di dunia pesantren dan madrasah taradisional di Indonesia.
Kitab Ta’lim Muta’allim adalah sebuah kitab yang sangat populer di dunia pesantren dan madrasah taradisional di Indonesia.

Kitab Ta’lim Muta’allim adalah sebuah kitab yang sangat populer di dunia pesantren dan madrasah taradisional di Indonesia.

 

Kitab yang dikarang oleh seorang yang sangat alim dari Turki As Syekh Burhanuddin Ibrahim Az Zarnuji Al Hanafi ini memuat tentang bagaimana cara seorang murid belajar dengan cara menerapkan akhlaq.

 

Sehingga dalam kitab tujuan sesungguhnya dari menuntut ilmu sangat dikedepankan yaitu mendapatkan ilmu yang penuh dengan keberkahan dan menjadi manusia yang berkarakter, yang sangat menghormati ilmu, guru, teman, lingkungannya serta tanggap dengan situasi yang ada bisa tercapai.

 

Secara garis besar, Syekh Az Zarnuji dalam kitab ini membahas hal tersebut ke dalam tiga belas pasal pembahasan:

 

Pasal Pertama membahas Hakekat ilmu, Fiqh dan Fadhilahnya (keutamaannya).

 

Pasal Kedua membahas niat dalam mencari ilmu. 

 

Pasal Ketiga membahas cara memilih ilmu, guru, teman dan ketekunan.

 

Pasal Keempat membahas cara menghormati ilmu dan guru.

 

Pasal Kelima membahas tentang bersungguh-sungguh, istiqomah dan bercita-cita yang luhur.

 

Pasal Keenam membahas tentang ukuran dan urutannya dalam menuntul ilmu.

 

Pasal Ketujuh membahas tentang tawakal.

 

Pasal Kedelapan membahas waktu belajar.

 

Pasal Kesembilan membahas tentang saling mengasihi dan saling menghormati.

 

Pasal Kesepuluh membahas tentang mencari tambahan ilmu.

 

Pasal Kesebelas membahas tentang bersikap wara’ (berhati-hati) dalam menunutut ilmu.

 

Pasal Keduabelas membahas hal-hal yang dapat menguatkan hafalan/ pemahaman dan yang dapat melemahkannya.

 

Pasal Ketigabelas membahas hal-hal yang bisa mempermudah datangnya rezeki dan yang menghalanginya.

 

Nilai-nilai pendidikan karakter yang dapat diambil yakni sebagai berikut.

 

Religius : Syekh Az Zarnuji mengatakan antara lain bahwa seorang murid harus mengetahui benar-benar keutamaan sebuah ilmu.

 

Bahwa menuntut ilmu itu adalah perbuatan yang sangat mulia, maka seorang yang sedang menuntut ilmu dalam dirinya haruslah diniatkan hanya untuk mencari ridho Allah semata, dan berniat untuk menghilangkan kebodohan pada dirinya dan bermanfaat untuk orang lain, serta menghidupkan agama dan untuk mensyukuri nikmat akal dan kesehatan yang diberikan Allah SWT,sebagaimana tertera dalam pasal pertama dan kedua.

 

Jujur, disiplin, Toleransi, dan kerja keras: Nilai karakter ini dibahas dalam banyak pasal pada Ta’lim Muta’allim antara lain pada pasal lima dan pasal ke enam yaitu tentang bersungguh-sungguh, tekun dan semangat serta tahap awal, ukuran dan urutan belajar.

 

Dalam kitab ini dijelaskan bahwasanya para murid dianjurkan terbiasa untuk melakukan Muzakarah (berdiskusi), bermunadhorah (berdebat) dan bermuthaharah hal ini dijelaskan dalam pasal keenam. Dalam berdiskusi maupun berdebat murid tidak boleh mengedepankan emosi melainkan harus berpikir tenang dan rasional.

 

Dari apa yang telah ditulis di atas, maka sesungguhnya kitab Ta’lim Muta’allim sangat baik untuk diajarkan pada sekolah-sekolah. Agar tujuan pendidikan berkarakter bisa berjalan dengan baik dan sukses menghasilkan murid-murid yang berkarakter baik.***

 

Penulis: Ahmad Sahrul Sobirin

Muhamad Ibrahim Rizki

Muhammad Ma'arif

 

Dosen Pembimbing : Utami Rosalina, M.Pd.