Home Nasional Jawa barat Majalengka Keislaman Aswaja Khutbah Opini Sejarah BIOGRAFI MWC NU BANOM LEMBAGA PC NU Pendidikan PONPEST Serba - serbi DOwnload

Berikut Jadwal dan Tokoh yang Hadir dalam RAKERNAS PERGUNU

Berikut Jadwal dan Tokoh yang Hadir dalam RAKERNAS PERGUNU
Sejumlah tokoh ternama di Indonesia dijadwalkan akan menghadiri Rapat Kerja Nasional Pimpinan Pusat Persatuan Guru Nahdlatul Ulama (Pergunu) yang berlangsung di Alun alun Desa Leuwimunding.
Sejumlah tokoh ternama di Indonesia dijadwalkan akan menghadiri Rapat Kerja Nasional Pimpinan Pusat Persatuan Guru Nahdlatul Ulama (Pergunu) yang berlangsung di Alun alun Desa Leuwimunding.

NUMajalengka-Dilansir dari situs resmi Kabar Cirebon.com, Sejumlah tokoh ternama di Indonesia dijadwalkan akan menghadiri Rapat Kerja Nasional Pimpinan Pusat Persatuan Guru Nahdlatul Ulama (Pergunu) yang berlangsung di Alun alun Desa Leuwimunding, Kecamatan Leuwimunding, Majalengka, Sabtu-Minggu (17-18/6/2023).

 

Mereka diundang pada acara itu sebagai keynote speaker, narasumber, pembuka, dan penutup acara.

 

Ketua Panitia Rakernas Pergunu, Saepuloh, di antara deretan tokoh nasional yang hadir itu adalah Menteri Koordinator Bidang Politik, Hukum, dan Keamanan Republik Indonesia Mahfud MD, Kepala Staf Kepresidenan RI Muldoko, Menteri Perdagangan Zulkifli Hasan dan, Wakil Ketua MPR RI Yandri Susanto.

 

Selain mereka, menurut Ketua Pergunu Jawa Barat ini, dijadwalkan hadir pula Wakil Menteri Agama RI H. Zainut Tauhid Sa’adi, Kepala Perpustakaan Nasional Muhammad Syarif Bando, Ketua Dewan Pembina PP Pergunu KH As’ad Said Ali. Lalu, Gubernur Jawa Timur Hj Khofifah yang juga Ketua Umum Pimpinan Pusat Muslimat NU Khofifah Indar Parawansa, Wakil Gubernur Jawa Uu Ruhzanul Ulum, dan Bupati Majalengka H Karna Sobahi.

 

“Para tokoh tersebut akan menjadi keynote speaker, narasumber, pembuka, dan penutup acara. Acara akan berlangsung dari Sabtu dan Minggu dari pagi hingga sore hari ini. Hingga detik ini belum ada pembatalan kehadiran dari tokoh maupun pejabat yang hadir tersebut,” ungkap Saepuloh Sabtu (17/6/2023).

 

Pihaknya menambahkan, Rakernas Pergunu Sabtu 17 Juni 2023 sendiri dimulai dengan Tahlil Akbar, di makam salah seorang pendiri Nahdlatul Ulama KH Abdul Calim Leuwimunding yang terletak di Pondok Pesantren Sabilul Chalil. Tahlilan dipimpin Ketua Umum PP Pergunu KH Asep Saifuddin Chalim yang juga putera KH Abdul Chalim.

 

"Hari ini sedang berlangsung Tahlil di makbaroh Almagfurlah KH Abdul Chalim,"ucapnya.

 

Setelah itu, dilanjut dengan Halaqah Alim Ulama yang dimulai pukul 08.-11.30 yang berlangsung di lapangan Alun-alun Kecamatan Leuwimunding. Kemudian, Rakernas secara resmi dibuka pukul 13.00 oleh Wakil Menteri Agama. Sementara Rakernas Pergunu akan berlangsung di aula Madrasah Aliyah Unggulan Amanatul Ummah 02.

 

"Peserta Rakernas diikuti sedikitnya 764 orang se-Indonesia. Mereka terdiri dari pengurus pimpinan pusat, pengurus pimpinan wilayah, dan pengurus pimpinan cabang seluruh Indonesia,"paparnya.

 

Sedangkan saat pembukaan Rakernas itu digelar di tenda di Alun-alun Leuwimunding akan diisi 2558 orang. Mereka terdiri dari peserta rakernas, guru-guru NU di Jawa Barat, pengurus dan anggota Muslimat, para alim ulama, pimpinan pondok pesantren dari Majalengka, Kuningan, Cirebon, Indramayu, dan Sumedang.

 

Selama rakernas akan berlangsung bazar kuliner bazar UMKM Kabupaten Majaengka dan produk Pergunu yang berlangsung di Alun-alun Leuwimunding. Di luar tenda rakernas dan bazar kuliner yang berlangsung di Pujasera yang terletak di seberang alun-alun.

 

Menurut dia, Rakernas ini sendiri digelar sebagai ajang konsolidasi internal dan menyusun program kerja berdasarkan perkembangan dunia pendidikan terkini. Akan dibahas juga nasib guru, terutama guru honorer terkait jaminan kesejahteraan, keselamatan kerja, dan kesehatan mereka.

 

"Pembahasan akan berlangsung dalam komisi-komisi. Kemudian hasilnya akan menjadi rekomendasi kepada pihak-pihak terkait,” tutup Saepuloh.***