Home Nasional Jawa barat Majalengka Keislaman Aswaja Khutbah Opini Sejarah BIOGRAFI MWC NU BANOM LEMBAGA PC NU Pendidikan PONPEST Serba - serbi DOwnload

Ini Jadwal Pemberangkatan Calon Jemaah Haji Majalengka 2022

Ini Jadwal Pemberangkatan Calon Jemaah Haji Majalengka 2022
Situs Resmi NU Majalengka Provinsi Jawa Barat
Situs Resmi NU Majalengka Provinsi Jawa Barat

MAJALENGKA
Saat ini Kementrian Agama (Kemenag) RI melalui Direktorat Jendral Penyelenggaraan Haji dan Umroh (PHU) sudah memberikan jadwal kelompok penerbangan (kloter) pemberangkatan calon jemaah haji (CHJ) di masing masing embarkasi di seluruh Indonesia.


Untuk CHJ Kabupaten Majalengka Provinsi Jawa Barat sendiri, pemberangkatan melalui embarkasi Jakarta-Bekasi, masuk kloter 11 gelombang pertama dan kloter 29 gelombang kedua.


Jadwal pemberangkatan untuk kloter 11 berjumlah 410 orang, pada Sabtu 11 Juni 2022. Alur pemberangkatannya biasanya ratusan jemaah mengenakan bus akan kumpul terlebih dahulu di halaman Pendopo Majalengka. Untuk dilakukan doa dan acara pelepasan oleh Bupati Majalengka.


Menurut jadwal yang telah ditetapkan Kemenag Majalengka, CJH akan berangkat Asrama Haji di Bekasi pada 11 Juni 2022 pukul 10.20 WIB. Lalu, ke Bandara Soekarno Hatta Minggu 12 Juni 2022 pukul 05.00 WIB dan take off dari pesawat 09.OO WIB dengan nomor penerbangan SV5069. Sedangkan jadwal pemulangan untuk kloter 11 pada 22 Juli 2022 dengan landing pesawat pukul 05.20 WIB.


Sedangkan untuk kloter 39 yang merupakan CJH gabungan antara Majalengka dan Bogor akan berangkat ke Asrama Haji pada 29 Juni 2022 pukul 10.00 WIB. Sedangkan menuju Bandara 30 Juni 2022 pukul 09.00 WIB. Dengan take off pukul 13.10 WIB. Nomor flight SV51007. Sedangkan pemulangan ke tanah air pada 9 Agustus 2022 pukul 04.45 WIB.


"Untuk jadwal pelepasan sama Pak Bupati Majalengka kloter 11 dan kloter 39 yang biasanya di Pendopo Majalengka, itu masih dalam koordinasi. Tapi waktunya tidak akan jauh saat pemberangkatan ke Asrama Haji," kata Kasi Haji dan Umroh Kemenag Majalengka H Heru Hoerudin.


Menurut dia, kloter 11 itu masuk gelombang pertama dan penerbangan akan turun di Bandara di Madinah. Sedangkan kloter 39 masuk pada gelombang ke kedua akan turun di Bandara di Makah.


Mengenai CJH kloter 11 itu terdiri dari Kelompok Bimbingan Ibadah Haji dan Umroh (KBIHU) Al Hikmah - Bantarujeg, Al Ishlah - Talaga Kulon
Al Multazam - Ligung. Lalu, Al Ikhwan - Leuwimunding, Mambaul Huda - Palasah, Al Mabrur - Majalengka. Terus, An Nahdhiyah - Heuleut Kadipaten, Al Muttaqin - Maja. Lalu,
Al Ikhsan - Sukahaji, Al Maqbul - Sutawangi, Jam'iyatussurur - Kertajati dan Al Musyarofah - Jatitujuh.


"Kalau kloter 39 KBIHU itu Al-Ittihad, Darussalam, Nurul Iman, Al-Hisab dan Nurul Falah,"jelasnya.


Mulai beberapa hari kedepan, sambung dia, pihaknya akan melaksanakan Bimbingan Manasik Haji tingkat kecamatan yang terbagi dalam beberapa zona wilayah di Majalengka. "Ada di wilayah Cikijing, Talaga, Maja, Majalengka, Leuwimunding, Jatiwangi, Jatitujuh,"ucapnya.


Heru menambahkan, selain pihaknya mendapatkan kabar jika uang saku jamaah Indonesia sudah cair. Pencairan uang saku jamaah haji ini setelah Badan Pengelola Keuangan Haji (BPKH).


"Uang saku itu nilainya masing masing 1.500 riyal atau Rp5,8 juta. Itu diberikan saat jamaah mulai masuk asrama. Uang saku yang dibagikan kepada para jamaah akan sangat bermanfaat saat proses ibadah haji berjalan nantinya,"paparnya. (Jejep).