Home Nasional Jawa barat Majalengka Keislaman Aswaja Khutbah Opini Sejarah BIOGRAFI MWC NU BANOM LEMBAGA PC NU Pendidikan PONPEST Serba - serbi DOwnload

Breaking News, Lalu Lintas Cirebon-Bandung Lumpuh Total

Breaking News, Lalu Lintas Cirebon-Bandung Lumpuh Total
Situs Resmi NU Majalengka Provinsi Jawa Barat
Situs Resmi NU Majalengka Provinsi Jawa Barat

 

SUMEDANG
Arus lalu lintas di Jl. Sumedang-Bandung lumpuh total, Rabu (9/3/2022) dini hari. Hingga berita ini ditulis pukul 02.30 WIB kendaran dari dua arah baik yang datang dari Bandung menuju Cirebon atau pun sebaliknya, tak mampu bergerak.


Penyebab utama kemacetan diakibatkan adanya jalan amblas di wilayah Kecamatan Tomo Kabupaten Sumedang. Kondisi itu diperparah pula dengan adanya pemakaian jalur dari arah yang berlawanan. Hingga berakibat kemacetan semakin parah.


Nampak deretan mobil hingga truk-truk besar terpaksa harus mematikan mesinya, hingga kondisi di jalan nampak gelap gulita. Para pengemudi pun lebih memilih duduk di tengah jalan sembari meenunggu lalu lintas kembali normal. Banyak pula para sopir truk yang memilih tidur. Ditemani gemuruh suara jangkrik yang saling bersautan di tengah sawah .


Sayangnya aparat kepolisian pun tidak nampak di lokasi kemacetan pada pagi dini hari ini. Kemacetan sendiri diprediksi mencapai 40 km terhitung dari titik macet di Tomo hingga ke pusat Kota Sumedang.
Kondisi berakibat pada ratusan kendaran mengular tanpa deru mesin.Hanya sepeda motor yang dapat berjalan melintasi kedua jalur tersebut.


"Saya baru pulang dari Bandung menghadiri suatu acara. Saat tiba di daerah Cimaka Sumedang pukul 10.30 kendaraan sudah macet. Dan saat ini sudah pukul 02.30 WIb kondisi kendaraan saya masih di Nyalindung. Jika dihitung sudah 4 jam saya terjebak macet," ujar Alam warga Kecamatan Cigasong Kabupaten Majalengka ini.


Dirinya tidak bisa berbuat banyak melihat kondisi seperti ini. Dan berharap aparat kepolisian atau pihak berwenang segera turun tangan mengatasi kemacetan ini.


"Kalau ini dibiarkan tanpa ada tindakan bisa sampai pagi saya terjebak macet. Hingga bisa mengganggu jadwal aktivitas saya pagi hari nanti," ujarnya.


Keluhan serupa diutarakan pengguna jalan lainnya, Asep Rahmat. Pria asal Cirebon ini mengaku sudah sekitar 4 jam dirinya tak dapat menjalankan mesin mobilnya.


"Tadi saya mulai terkena macet tidak jauh dari tugu perbatasan antara Kabupaten Sumedang dan Kabupaten Majalengka. Saya prediksi kemacetan kendaraan sudah sampai di Kadipaten,"paparnya.

 

Hingga berita ini diturunkan kemacetan masih terjadi dan diperkirakan akan berlangsung lama sebelum jalan tersebut diperbaiki. Sehingga disarankan bagi para pengguna jalan yang hendak ke Bandung menggunakan jalur tol Cipali. (Jejep).